Kumpulan Poster Promosi Free Software

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya membuat poster-poster untuk menjelaskan Free Software tidak lain karena keyakinan saya bahwa orang di lingkungan saya orang visual. Penjelasan visual (poster) jauh lebih dimengerti orang daripada penjelasan tekstual (artikel). Saya tidak pernah menyangkal kenyataan itu. Semua karya saya ini source code-nya bisa diunduh di http://103.31.227.30/~d00mzz/malsasa/Paper/svg. Lisensi semua poster adalah CC BY-SA. Semoga karya saya ini bermanfaat.

1. Poster Kolaborasi Antara Free Software

poster-kolaborasi-free-software2

Komentar: poster Free Software pertama yang saya buat. Konsepnya memperkenalkan software-software yang digunakan dalam pembuatan karya nyata (Rootmagz). 

2. Poster Banner-Banner Promosi Free Software

banner-free-software

Komentar: poster Free Software kedua yang saya buat. Konsepnya sama persis dengan banner gunakan ODF LibreOffice sebelumnya. Poster ini mengawali terjadinya #tantanganbanner untuk mempromosikan Free Software.

3. Poster Free Software “See gnu.org”

poster-gnu-free-software-4

Komentar: saya sangat-sangat ingin memperkenalkan Free Software dengan sebenar-benarnya (bukan memperkenalkan Open Source, tapi Free Software). Saya merasa konsep Free Software yang empat bisa dijelaskan dengan ringkas dalam poster. Lalu sebagai kontribusi balik, saya beri pranala menuju www.gnu.org (website yang jarang dikenal pengguna GNU/Linux). Di pranala itulah terdapat penjelasan mengenai segala aspek Free Software.

4. Poster Free Software “Copyleft”

poster-copyleft-free-software

Konsep: memperkenalkan konsep copyleft yang seharusnya diketahui setiap pengguna Free Software. Saya tetap memberikan rujukan ke situs di mana copyleft dijelaskan lengkap, www.gnu.org.

5. Poster Free Software “Beda Free Software dan Open Source”

poster-free-software-open-source

Komentar: walaupun mirip, tetapi keduanya berbeda. Saya punya keinginan menjelaskan perbedaan itu dimulai dari yang paling krusial (tahun kelahirannya). Kernel Linux muncul 1991 sebagai proprietari lalu 1992 diubah lisensinya (menjadi Free Software, GNU GPL) lalu barulah 6 tahun kemudian yaitu 1998 Open Source muncul. Di sini saya tautkan alamat Free Software Foundation dan Open Source Initiative.

6. Poster Free Software “Berkaryalah”

poster-berkaryalah-free-software

Komentar: mengajak semua orang untuk melakukan “yang saya lakukan” (dalam tanda kutip) yaitu menciptakan karya-karya karena tidak punya uang untuk donasi.

7. Poster Free Software “Lisensi Free Software #1”

poster-free-software-lisensi

Komentar: apakah pengakuan sebagai pengguna Open Source sah tanpa mengetahui lisensi software-software yang dipakainya sendiri?

8. Poster Free Software “Bantu Testing”

poster-free-software-testing

Komentar: sama dengan poster “Berkaryalah”, ini semangat untuk berkontribusi/berkolaborasi memberdayakan Free Software. Orang-orang yang sudah lama mengukuhkan diri pada Free Software/Open Source (saya sengaja tidak menulisnya Free/Open Source Software) pasti memiliki semangat semacam ini walaupun Anda tidak mendengarnya dari mereka.

9. Poster Free Software “Upstream & Downstream”

poster-free-software-upstream-downstream

Komentar: bagaimana cara memahamkan divergensi dunia GNU/Linux kepada orang awam? Apa hakikat istilah distribusi? Apa hakikat istilah distribusi GNU/Linux? Mengapa tidak disebut sistem operasi Debian, tetapi malah disebut distribusi Debian GNU/Linux (walaupun pada hakikatnya sama saja)? Apa bedanya GNU/Linux dengan Windows? Poster ini menjawabnya.

10. Poster Free Software “Reshare”

poster-free-software-reshare

Komentar: di dunia sastra Indonesia ada juru peta sastra Indonesia yang bernama H. B. Jassin (sahabat dekat Chairil Anwar). Bagaimana dengan dunia Free Software/Open Source di Indonesia? Siapa yang akan mengisi posisi itu? Teramat sulit! Maka semua orang harus berusaha memetakan sebenar-benarnya dimulai dari peta yang kecil seperti ini.

11. Poster Free Software “Proses Terjadinya GNU/Linux”

poster-free-software-proses-upstream

Konsep: saya sudah memikirkan visualisasi dari teks-teks pada poster “Upstream & Downstream”, dan ini poster terakhir yang saya buat untuk saat ini. Hakikatnya sama dengan “Upstream & Downstream” hanya saja di sini ada panah-panah arahnya.

Posted on Januari 17, 2016, in Desain Poster and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan komentar