[TUTORIAL INKSCAPE] Desain Buku Kubuntu 3D

Bismillahirrahmanirrahim.

Saya telah menulis artikel yang isinya tautan unduh ke desain buku 3D Kubuntu. Kini giliran tutorialnya. Yang diperlukan adalah SVG gambar monitor dan CD. Anda bisa mengambil dari /usr/share/icons. Insya Allah semua ada di Ubuntu, kita cukupkan yang ada di situ.

Langkah Pertama

Buka Inkscape. Bikin dua persegi panjang, satu untuk bagian punggung buku dan satu untuk depan. Ukurannya terserah Anda, tetapi harus sama panjangnya, ya? Kalau milik saya:

Punggung: W:62 px; H: 770 px

Depan: W: 549 px; H: 770 px

Kasih keduanya warna biru (00b4f4ff).

Langkah Kedua

Garap punggungnya. Duplikasikan (Ctrl+D) punggung lalu pendekkan dengan menarik panah bawah ke atas. Duplikasikan lagi lalu pendekkan dengan menarik panah atas ke bawah. Persiskan dengan desain saya. Beri kedua kotak baru ini warna hitam.

Berilah teks untuk punggung ini. Saya gunakan fonta FreeSans.

Langkah Ketiga

Garap depannya. Lakukan seperti di langkah kedua. Pokoknya kotak hitamnya berukuran dan sejajar persis dengan di punggung. Kalau susah, pindahkan punggung ke dekat depan, sejajarkan saja pakai penggaris. Cara pakai penggarisnya ya drag saja penggaris horizontal atas ke bawah.

Beri teks untuk bagian depan ini. Saya gunakan FreeSans. Pokoknya desain ini semuanya pakai FreeSans.

Buatkanlah 4 lingkaran biru untuk bagian atas kover depan. Ini saya buat untuk meniru loading screen Kubuntu. Caranya bikin dulu satu persegi sama sisi lalu jadikan bulat dengan menyeret bundaran putih kecilnya ke bawah. Duplikasikan dan tatalah di kover.

Langkah Keempat

Garap gambar kover. Ambillah satu gambar monitor yang berwarna biru dari /usr/share/icons. Kalau tidak ada biru, ambil saja terus edit di Inkscape warna gradasinya. Letakkan di tengah kover.

Ambil logo Ubuntu juga yang SVG. Lakukan ungroup (Ctrl+U) dan buang semuanya sisakan logonya saja. Warnai biru lalu gradasikan dengan gradasi radial. Letakkan ini di depan monitor. Lakukan ungroup gambar monitor, pilih logo Ubuntu, tekan PgDn sampai terlihat ada di belakang kacanya.

Lho, kan? Kita mendesain secara santai dengan memanfaatkan yang ada di dalam Ubuntu.

Dekatkan lagi antara kover depan dengan punggung, sejajarkan. Ambil gambar CD, letakkan di pojok kiri bawah kover dan pojok kanan punggung. Satu CD untuk dua objek. Karena nanti kita ekspor dua objek ini sendiri-sendiri.

Sampai sini mestinya bentuk garapan kita seperti ini:

Langkah Kelima

Garap pernak-pernik kover yakni bentuk panah dan logo penerbit. Bentuk panah di bawah kover dibikin dengan mengubah persegi panjang hitam menjadi Path (Ctrl+Alt+C) lalu pilih 2 node sisi kanan, klik pada Insert new node. Node di tengah itu, sambil tahan Ctrl, tarik ke kanan. Jadi deh, panah. Duplikasikan persegi panjang hitam ini lalu pendekkan, jadikan panah juga. Persiskan seperti gambar. Duplikasikan beberapa kali dan rapikan.

Logo penerbit, bikin kotak dulu. Jadikan Path (Ctrl+Alt+C) lalu potong pucuk-pucuknya. Miripkan desain. Tapi kalau mau kotak begitu saja, boleh. Warnai biru, lalu duplikat. Pada duplikatnya, kasih gradasi biru-putih persis gambar.

Duplikasikan logo Ubuntu yang tadi, hitamkan. Taruh di depan kotak ini. Lalu dengan teks, beri nama penerbit. Terserah mau kasih nama Gondret atau apa. Duplikasikan logo penerbit ini dan taruh di punggung bagian atas.

Sampai sini garapan kita sudah hampir selesai:

Langkah Keenam

Ekspor. Pilih bagian paling belakang dari punggung yakni persegi panjang biru. Perhatikan: kalau terpilih, ada garis putus-putus di sekeliling objek. Kita akan mengekspor apa pun yang kelihatan di layar dalam batasangaris putus-putus ini. Buka dialog ekspor (Ctrl+Shift+E) dan tentukan tempat simpan. Saya beri ukuran resolusinya 120 dpi. Ini selera, Anda akan temukan ukuran Anda sendiri.

Lakukan hal yang sama untuk kover depan. Ekspor dengan nama lain. Misalnya untuk punggung punggung.png dan kover depan depan.png. Dengan ini, tugas Inkscape usai. Anda sudah punya dua buah gambar.

Langkah Ketujuh

Buka GIMP. Seret kedua gambar ke dalamnya. Pasti jadi 2 layer tambahan. Berikutnya:

  1. Kecilkan dengan Resize gambar punggung. Mungkin perlu coba-coba untuk berhasil. Tanpa resize ini pasti tidak bisa.
  2. Gunakan Perspective, lakukan perubahan perspektif terhadap depan dulu. Gunakan niat dan naluri Anda. Mungkin harus coba-coba beberapa kali.Β 
  3. Lakukan Perspective juga untuk punggung. Usahakan ia benar-benar serasi dan perspektifnya pas (tidak bengkok garisnya). Coba-coba saja.
  4. Kalau sudah pas betul perspektif Anda, beri Drop Shadow untuk setiap gambar. Cocokkan dengan gambar.
  5. Dengan Brush Tool (opacity 5, size 180), gelapkan bagian punggung supaya menguatkan kesan 3D-nya. Hati-hati agar tidak mengotori lainnya.
  6. Seleksi persegi panjang di kanan bawah, Ctrl+B warna biru, tumpahkan di seleksi itu.
  7. Dengan teks, tuliskan harga buku Anda ini.
  8. Simpan dulu sebagai XCF (berkas asli GIMP, seperti PSD-nya Photoshop).
  9. Simpan sebagai bitmap (JPG atau PNG).

Hasil Akhir

Iklan

Posted on Agustus 12, 2012, in Desain Produk and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. Subhanallah….
    ane izin share ke Siswa/i… πŸ™‚
    keep spirit Akhi.. … πŸ™‚

  2. Mantap…bermanfaat… πŸ™‚

  3. Mantap Bener dah om….
    Izin Bookmark

  4. wah bagus om….
    jadi kepengen nih saya πŸ˜€
    situsnya bisa buat referensi belajar ni, mantap dah…

    keep share om

  5. keren banget mas….. juos..

  6. Ijin belajar mas…Saya sudah downoad inkscape…dan mencoba membuat tulisan seperti pada punggung cover buku (..posisi berdiri pada “nama penulis disini”)..tapi belum ketemu caranya..mohon pencerahannya mas…tq

  7. agak kurang lengkap tutorialnya, tapi saya sudah berusaha semirip mungkin
    saya lanjut tutor berikutnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: