[TUTORIAL INKSCAPE] Membuat Efek Letterpress


Gambar

Bismillah. Efek letterpress dipahami sebagai efek teks yang menindas kertas ke dalam sebagai kebalikan dari efek emboss. Efek ini disebut juga inset typography. Efek ini melibatkan dua objek saja yaitu bentuk dasar dan teks. Efek seperti ini terlihat mewah jika ikut serta menghiasi desain kita. Contoh tutorial lain yang membicarakan letterpress ini ada banyak, di antaranya dengan menggunakan Photoshop (tutorial 1) dan GIMP (tutorial 1, tutorial 2). Saya menilai tutorial yang ada terlalu panjang. Saya sudah sempat bingung dengan letterpress ini. Sudah saya coba berkali-kali tetapi gagal samua. Akhinya tidak sengaja mencoba dengan Inkscape cukup dengan 4 langkah saja. Oalah, begitu, toh? Ternyata mudah sekali. Rahasianya hanya drop shadow.

Langkah Satu

Buatlah sebuah persegi warna apa saja. Duplikasikan (Ctrl+D) persegi itu lalu beri warna yang sama tetapi lebih terang. Beri teks di atasnya dengan typeface yang kekar (jangan yang ceking) seperti FreeSans ini. Kurang kekar? Bikin jadi Bold.

Gambar

Langkah Dua

Pilih persegi itu dan pilih teks. Lakukan Difference (Ctrl+-). Ini akan melubangi persegi paling depan dengan bentuk lubang sama dengan teks. Makanya Anda bisa melihat warna lebih gelap karena Anda melihat persegi di belakang dari lubang teks ini.

Gambar

Langkah Tiga

Gunakan menu Filters > Shadows and Glows > Drop Shadow. Tidak usah dipikir dulu angka-angkanya, oke saja. Bagaimana hasilnya? Sudah seperti letterpress? Kalau menurut selera kurang, lakukan Drop Shadow lagi. Sebenarnya ini saja sudah cukup tetapi kadang butuh langkah empat.

Gambar

Langkah Empat

Pakai Gradasi (G) untuk memberikan efek metal pada kedua persegi. Anda bisa kreasikan jenis gradasi Linear dan Radial, serta warnanya mau diganti juga bisa. Hasilnya seperti ini.

Gambar

Apakah ini terlihat sulit? Semoga tidak. Sebagai catatan, menurut saya efek ini bergantung pada tiga faktor: bentuk teks yang Anda gunakan, warna gradasi, dan bayangan (drop shadow) yang pas. Ini bisa didapatkan dengan beberapa kali latihan. Catatan tambahan saya adalah efek ini berat bagi Inkscape versi 0.48 ini. Mungkin karena belum mencapai versi 1 ia belum stabil. Maka bersabarlah menggunakan efek ini. Semoga bermanfaat.

Unduh Desain

SVG: di sini

Bonus

Jika ingin menghaluskan desain ini, silakan duplikasikan persegi berlubang. Silakan beri fill kosong tetapi beri stroke putih. Ukuran stroke-nya 1,000. nanti kelihatan ada garis putih di tepi-tepi teks. Berikan opasitas senilai 30%. Hasilnya seperti ini.

Gambar

Iklan

Posted on Juni 23, 2012, in Mengenal Inkscape and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. kok kurang pas ya menurut saya, kalau saya lihat beberapa bayangan tidak pas dengan sumber cahaya. contoh pada huruf n bagian atas. apa ga seharusnya sebelah kanan lebih terang dan bayangan ada di sisi kiri mengingat ini letter press bukan emboss

  2. Keren Om tutorialnya..,

  3. Maskasi kang, langsung saya coba dan berhasil. Teknik simple, hasil fowerfull.
    Ternyata yg gratis tak kalah dengan yg berbayar (baca: bajakan).

  4. Ini postingan sudah lama ternyata… Hasilnya keren Mas Ade… saya kemaren2 sempet bingung mau bikin kya gini… skrang udah tau deh..

    Mungkin cahaya yang kurang pas itu ketika sumber cahaya yg membentuk bayangan ada di sudut kanan atas, namun gradasi metal berada di posisi tengah atas.

    Mungkin si… aku jga baru bisa kok.. hiii makasi mas

  5. wah, ternyata cukup simple caranya mas
    memang software pro bukan jaminan menghasilkan karya yang bagus.
    terus berkarya mas .. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: