Desain Brosur Contekan

Bismillah. Sebenarnya saya sangat kebingungan dengan kalimat ini “bagaimana mendesain brosur dengan Scribus?”. Saya bukan hanya bingung tetapi benar-benar bingung. Tidak ada satu pun tutorial yang memadai yang memberikan contoh bagus untuk awam seperti saya. Usaha saya adalah mencari contoh-contoh desain yang dibuat dengan Scribus, lalu esoknya mencari desain-desain CorelDRAW, lalu hari ini mencari dengan kata kunci “brosur” begitu saja di Google Image Search. Subhanallah, bagus-bagus desainnya dan yang menakjubkan saya adalah kata kunci tambahan “corel draw” atau “photoshop” justru menyembunyikan brosur-brosur keren itu dari pencarian. Akhirnya saya dapatkan beberapa brosur baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan salah satu blog terbaik yang saya peroleh hari ini adalah blog salafi yang sangat bagus hasil desainnya yakni http://desaingrafisjogja.wordpress.com. Bagus sekali dan semuanya di luar perkiraan saya. Sungguh! Nah, namun desain yang saya contek adalah desain karya jpdguzman di dalam laman http://jpdguzman.deviantart.com/art/Tri-fold-Brochure-Cover-92678573. Pak jpdguzman membuatnya dengan “Everything is done in Illustrator and Photoshop.” tetapi saya contek dengan aplikasi gratisan Inkscape. Hasilnya tidak seberapa rapi dan berbeda banyak dengan karya Pak jpdguzman. Saya cuma butuh penempatan objek-objeknya karena itu yang membingungkan saya. Akhirnya saya menyelesaikannya. Anda bisa mengambil gambar desain saya berikut SVG (format Inkscape) dan XCF-nya (format GIMP). Iya, saya kerjakan semuanya dengan Inskcape lalu saya tata dengan GIMP. Gimp-nya cuma kebagian kerja sekitar 2%.

Inilah desain Pak jpdguzman:

Inilah desain saya:

Versi pertama pakai bunga untuk menggantikan cop-copan yang disketsa pakai tangan.

Versi kedua pakai garis-garis lengkung untuk menggantikan garis-garis lengkung yang bercahaya.

Desain saya per lembar brosur:
Versi pertama:

Versi kedua:

Bagian dalam:

Versi 3D dengan GIMP

Unduh

Anda bisa mengunduh SVG maupun XCF-nya. Silakan digunakan untuk kebaikan bahkan dikomersialkan.

SVG versi pertama: di sini
SVG versi kedua: di sini
XCF versi pertama: di sini
XCF versi kedua: di sini

Saya tidak jadi menggunakan Scribus. Saya sudah berusaha tadi dan saya gagal. Pola pikir ketika memakai Scribus berbeda amat sangat dengan pola pikir ketika memakai Inkscape. Inkscape punya kelebihan WSIWYG untuk teksnya dan itu sangat saya butuhkan. Scribus belum punya itu. Makanya saya beralih ke Inkscape karena jauh lebih banyak berhasilnya. Dengan Scribus, saya tidak memulai apa-apa. Jelasnya ya karena saya belum paham. Namun saya tidak mau ada aplikasi mubadzir. Suatu hari saya yakin akan menggunakan Scribus dengan nyaman.

Bagian yang menarik dari membuat brosur hari ini adalah ini brosur pertama dalam hidup saya, yang pertama menggunakan Inkscape, dan yang pertama mencontek. Saya benar-benar sudah tidak ada pikiran lain karena beberapa bulan ini (mungkin tahun) saya tidak pernah menghasilkan satu brosur pun. Saya ingin membuat brosur yang indah dan sedap dipandang. Nah menurut saya yang saya tak bisa adalah bagaimana meletakkan elemen-elemennya. Itu yang membuat saya bingung. Alhamdulillah kini sudah enakan. Iya, mungkin sebaiknya memang untuk awal ini saya mencontek desain-desain orang dulu. Kelak mungkin saya akan bisa berjalan sendiri. Oya, itu pada bagian brosur dalam, saya mengarang kata-katanya. Tolong jangan diasosiasikan dengan perusahaan Azlan. Termasuk pula tulisan RoHS dan seterusnya. Saya hanya mengarangnya.

Saya senang dengan kenyataan ini: Inkscape bisa digunakan membuat desain brosur juga. Alhamdulillah. Saya ucapkan “thank you for Mr jpdguzman for your inspiring brochure“.

Iklan

Posted on Juni 2, 2012, in Desain Brosur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. @rizaaal:

    Semoga Allah menunjukimu jalan yang lurus, Mas. Silakan diambil semuanya. Ingat, fonta kembali ke perizinan penciptanya.

    Mengenai permintaanmu, Saudaraku, aku saat ini belum bisa. Rencanaku saat ini baru sebatas brosur, poster, desain kover, dan beberapa desain mungil. Itu pun jauh dari sempurna. Saya ingin juga mendesain yang mas minta tapi kemampuan saya masih sebatas ini. Saat ini yang paling penting bagi saya cuma: buktikanlah kalau Inkscape bisa dipakai mendesain walau hanya mencontek 1:1 dari karya-karya Photoshop/CorelDRAW.

    Terima kasih atas dukunganmu. Maafkanlah aku tidak menampilkan komentarmu.

  2. oiya mas, saya tunggu tutorial yang ini ya. 🙂

  3. menerima jasa pembuatan desain brosurkah.. wah indah dan memang sedap dipandang.. mantap..
    saya ingin buat brosur tp.. blm punya desain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: