Desain Layout Kover Majalah dengan Scribus (Edisi 2)

Bismillahirrahmanirrahim.

application-vnd.scribusSaya mengumpulkan beberapa desain layout kover majalah profesional. Saya menconteknya seperti tulisan Scribus kemarin. Sekarang saya meniru kover Popular Mechanics. Saya mencoba membuat layout kover majalah Ayo Belajar Linux. Saya juga menambahkan bonus DVD untuk layout kover ini. Saya ingin ia tampak normal. Senormal majalah komputer biasanya di Indonesia. Seperti biasa, SLA tersedia di bawah. Semoga tulisan ini bermanfaat.

layout-niru-popular-mechanics-page004

Desain Referensi


Saya memakai 2 referensi dalam hal ini. Pertama untuk kover secara umum. Kedua untuk layout CD dan peletakannya pada layout halaman. Yang pertama saya memakai majalah Popular Mechanics. Yang kedua saya memakai PC Media.

scribus-lightwave2

Sumber: http://issuu.com/sdfsdf3dsfsdf/docs/popular_mechanics_-_march_2015__za

Sumber: http://virusindonesia.com/wp-content/uploads/2013/Cover-PC-Media-01-2013.jpg

Desain Layout Saya


layout-niru-popular-mechanics-page004 layout-niru-popular-mechanics-page001 layout-niru-popular-mechanics-page002 layout-niru-popular-mechanics-page003

Proses Pembuatan


scribus-font-preview7

Inkscape 0.91 stabil membuat label CD

scribus-font-preview4

Scribus 1.4.1 SVN mengerjakan 4 halaman kover

Unduh Desain


Posted on April 2, 2015, in Desain Kover Majalah and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Salam kenal Mas Ade 🙂
    Beberapa hari terakhir ini saya sering sekali mengikuti jejak-jejak Mas Ade, baik di blog maupun di G+. Luar biasa!
    Saya juga main-main di Inkscape dan Scribus, cuma belum intens. Sebagian besar baru sekedar “disumbangkan” untuk majalah PCLinuxOS 🙂 Pun masih banyak comot sana comot sini. Kayaknya karya-karya Mas Ade bisa saya contek nih 😀

    • Ini akang Khadis Tok itu? Jadi akang kontributor PCLOSMAG? Ambil semua karya saya, Kang. Silakan. Ah, saya mah bukan desainer, Kang. Saya dari kelas pre-rookie. Saya senang bertemu orang Indonesia yang ndesain dengan FOSS (dan ternyata kontributor majalah FOSS internasional).

      Salam kenal juga dari saya.

      • Ah, saya juga bukan desainer. Dan saya baru bisa hal-hal dasar di Inkscape, makanya tutorial2 saya di PCLOSMAG ya yang basic2, sama sekali belum bisa bikin sesuatu yang wah 😀

Tinggalkan Balasan

