Proses Pembuatan Majalah Digital Rootmagz

Bismillahirrahmanirrahim.

Apa yang bisa dikata untuk Rootmagz, sedikit sekali. Namun dari yang paling sedikit, ada hal penting yang layak diketahui publik. Yaitu proses pembuatannya. Rootmagz dibuat 90% dengan Scribus. Sisa 10% dengan Inkscape dan Okular. Rootmagz dimulai dari eksperimen saya membuat desain kover beberapa waktu lalu di blog DesainInkscape. Pada saat tulisan ini dibuat, saya sedang mengerjakan Rootmagz edisi 04/2015. Adapun alur pembuatan majalah ini sebagai berikut.

1. Desain Layout (Scribus)

Rootmagz tidak dimulai dari kover. Ia dimulai dari halaman dalam, dari ide glosarium kiri. Ide itu berkembang menjadi kolom tengah dan kolom kanan. Jadilah satu buah halaman dalam Rootmagz. Baru kemudian saya membuat kover dengan pertama meletakkan background (terima kasih jaymantri.com, unsplash.com, dkk.), lalu logo (dibuat dengan Inkscape), lalu teks-teks judul. Seluruh edisi hingga sekarang saya buat dengan urut-urutan ini.

scribus-rootmagz-032018

2. Viewing

Kegiatan saya terbanyak ketika mengerjakan Rootmagz, adalah viewing. Saya selalu menggunakan Okular untuk itu. Selain tampilan fisik Okular yang bagus (jadinya layak skrinsot), ia juga punya zoom yang luas. Saya menggunakan Evince juga di saat Okular tidak lagi mampu me-render bitmap dengan baik karena Evince harus diakui lebih baik di situ. Saya perlu terus menerus viewing untuk menjamin kualitas Rootmagz sesuai harapan saya. Lebih jauh, saya harus mengecek metatag (author, publisher, data lain) dengan fasilitas Properties. Saya juga harus mengecek font embedding dengan Properties pula. Hal ini saya lakukan berulang-ulang di dalam setiap proses desain.

scribus-rootmagz-032019 openbsd1

rootmagz-okular

3. Hasil Rootmagz

Hingga kini sudah ada 3 edisi selesai dan 1 edisi sedang dikerjakan. Saya sendiri suka melihat preview mereka di Okular setiap waktu. Saya kini bisa memanfaatkan foto-foto public domain dengan selayaknya yang itu bisa memuaskan saya sendiri. Ya, dijadikan kover majalah. Senangnya.

openbsdku62rootmagz-howto6

rootmagz-0220151

Catatan: sampai sekarang, saya sama sekali tidak menggunakan GIMP. Saya juga tidak menggunakan Krita maupun MyPaint.

Posted on Oktober 1, 2015, in Desain Kover Majalah, Desain Layout and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. Keren majalahnya, kang Malsasa.

Tinggalkan Balasan

