Desain Layout Kover Majalah dengan Scribus (Edisi 1)

Bismillahirrahmanirrahim.

application-vnd.scribusSebelum pembuatan desain Scribus kemarin, sebenarnya saya sudah mendesain satu layout kover majalah yang bagus sekali. Bagus karena ini karya orang Lightwave (software 3D kelas dunia) profesional. Saya kebetulan melihatnya di ISSUU ketika mencari karya Scribus. Berhubung karya aslinya sangat bagus dan saya punya puluhan stok pemandangan hasil unduh, maka saya berkeinginan menirunya. Ada manfaatnya layout kali ini terbit terlambat. Kemarin saya bertanya ke forum Scribus masalah Properties Palllete dan Text Tab. Saya dapat jawaban Paragraph Style. Saya langsung menerapkannya di desain ini. Sangat memangkas waktu dalam workflow. Seperti biasa, SLA tersedia di bawah. Berikut ini hasil saya.

Desain Referensi


Maaf gambar makhluk bernyawa tidak ditampilkan.

Stok Gambar


Karang terjal: http://superfamous.com

Desain Layout Saya


layout-niru-lightwave-page001

Proses Pembuatan


scribus-lightwave

Sebenarnya layout LightWave Magazine ini sangat sederhana. Masih lebih sederhana dibanding PC Media.

scribus-lightwave1

Ini skrinsot yang belum pernah saya tampilkan karena memang baru tahu sekarang. Style Manager. Dengan inilah desainer bisa mendesain layout halaman dengan sangat cepat. Desainer membuat dulu style-style untuk paragraf yang berbeda-beda. Lalu ketika teks mulai dimasukkan, tidak usah diedit. Cukup dipilihkan style yang sudah dibuat sebelumnya dan jadilah. Tidak perlu manual edit satu per satu huruf (yang sejak 5 tahun lalu membuat tangan saya selalu sakit). Ini rahasianya untuk mendesain layout halaman buku/majalah. Saya senang sekali menemukannya. Adapun asal muasal saya tahu Style Manager adalah dari petunjuk di forum Scribus dari pertanyaan saya di sana. Ini alamatnya http://forums.scribus.net/index.php/topic,1674.0.html. Orang yang membantu saya di sana bernama utnik (thank you, Sir).

Unduh Desain


Silakan gunakan kembali sebagai templat.

Posted on Maret 28, 2015, in Desain Kover Majalah and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

