Desain Layout Buku dan Majalah dengan Scribus (Edisi 2)

Bismillahirrahmanirrahim.

application-vnd.scribusTulisan ini adalah lanjutan dari tulisan Scribus sebelumnya. Saya mendesain satu layout lagi berdasarkan satu skrinsot Adobe InDesign (penerus PageMaker) yang saya temukan dari Google Images. Perlahan saya mulai memahami bagaimana meletakkan objek-objek dalam satu halaman buku. Terutama bagaimana meletakkan gambar supaya jika dilihat secara gestalt, layout terlihat indah. Seperti biasa, berkas gambar dan sumber saya sertakan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Referensi Desain


Maaf, gambar mengandung makhluk bernyawa tidak ditampilkan.

Desain Layout Saya


layout-niru-indesign-page001

Sejak awal kenal Linux, saya selalu penasaran dengan Scribus. Inkscape dan GIMP, bisa saya gunakan dengan mudah sekali walau tidak belajar. Namun Scribus sangat berbeda. Butuh bertahun-tahun untuk sekadar memahami langkah-langkah penggunannya. Setidaknya hari ini saya puas sekali. Gambar skrinsot xmonad dan openbox di atas adalah karya ricchan (Eko Prawiro Gunadi) dari Linuxer Desktop Art (kumpulan seniman modif desktop Linux) Indonesia.

Proses Pembuatan


qtcreator-matriks-cpp39

Unduh


Berbeda dengan Inkscape (SVG) dan GIMP (XCF), format asli Scribus adalah SLA.

Posted on Maret 24, 2015, in Desain Layout and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

