Belajar Mendesain Brosur dengan Scribus

Bismillahirrahmanirrahim.

scribusSejak pertama kenal Scribus, saya selalu bingung. Bagaimana membuat desain sederhana dengannya. Pernah saya membuat poster dan majalah dengan Scribus. Hasilnya jadi tapi tidak memuaskan. Saya memang belum terbiasa dengan Scribus (dan DTP) waktu itu, terlebih saya lemah warna. Sekarang saya ingin mempelajari kembali Scribus. Banyak yang ingin saya pelajari mulai dari CMYK untuk printing, bagaimana membuat brosur 3-fold, dan bagaimana bisa cepat menghasilkan desain. DTP itu sangat menarik untuk saya, tapi saya perlu waktu untuk meraihnya. Berikut ini hasil belajar saya hari ini. Insya Allah selanjutnya saya akan terus berlatih.

Proses Belajar


Prosesnya sih, keren. Hasilnya yang masih jelek.

scribus

Saya coba resolusi 300dpi, hasilnya 33 MB. Ya sudah, turun jadi 72dpi saja.

tethering-android-kde2

Scribus beraksi

 

Hasil Akhir


brosur-ubuntu-scribus-2-page001

 

Namanya juga latihan. Kalau nggak gini saya nggak posting, nih.

Komentar Saya


Ada beberapa hal yang membuat saya lebih cepat mengerjakan desain dengan Inkscape daripada Scribus. Entah karena DTP itu memang begitu atau bagaimana.

  1. Font preview itu realtime di Inkscape, tidak di Scribus. Padahal font preview sangat banyak memangkas waktu.
  2. Text editing itu realtime di Inkscape, tidak di Scribus. Padahal text editing-lah yang paling banyak saya lakukan.
  3. Text resizing itu realtime di Inskcape, tidak di Scribus. Sama.
  4. Guide lines tampak tapi justru di belakang background, bukan di foreground seperti Inkscape.

Bisa saja ini fitur-fitur yang belum ditambahkan, atau saya yang salah. Dan saya belum memanfaatkan fitur CMYK di Scribus. Ini tantangan berikutnya untuk saya.

 

Referensi


Saya ingin meniru brosur keren ini. Saya yakin dibuat pakai Photoshop atau CorelDRAW atau Illustrator. Saya bisa melakukannya lebih cepat di Inkscape, tapi saya ingin tahu apakah saya bisa pakai Scribus.

1348382657_002-tri-fold-corporate-brochure-template-vol-1

 

Sumber gambar: http://www.okilla.com

Posted on Desember 6, 2014, in Desain Brosur and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. adakah tutorial mendesain brosur menggunakan inkscape, maklum saya masih baru menggunkan inkscape

Tinggalkan Balasan

