Desain Food Photography dan Eksplorasi Tipografi

Bismillahirrahmanirrahim.

Ternyata banyak sekali objek bagus dari ranah benda mati. Akhir-akhir ini saya jadi sering mencari gambar kue cream pie cokelat di Google Images. Cantik sekali, pokoknya “mmm…”, deh. Fotografi kue-kue itu saking menariknya, saya angkat ke sini bersama Inkscape. Padahal aslinya saya ogah sama yang namanya makanan. Namun kalau cokelat, wah, lain persoalan. Eh, ternyata asyik juga. Saya jadikan foto cream pie cokelat sebagai background dan di atasnya saya desain semacam kover majalah (seperti kemarin, terinspirasi dari CGChosen, Ubuntu FCM, dan lain-lain). Ah, ternyata hasilnya cukup memuaskan. Dasar kue pie cokelatnya yang memang manis banget 🙂 Desain berikut ini adalah praktik langsung dari latihan mencontek sebelumnya dan masih melanjutkan kegemaran baru saya memilih tipografi yang cantik. Oke, desain kali ini saya bagi jadi dua besar tema yakni warna dasar cokelat dan warna dasar putih. Saya tidak perlu susah-susah mikir lagi untuk latihan desain. Sumber fotografi chocolate cream piehttp://www.dairygoodness.ca/var/ezflow_site/storage/images/dairy-goodness/home/recipes/rocky-road-ice-cream-pie/8154923-20-eng-CA/rocky-road-ice-cream-pie.jpg.

 

Fonta Riesling

Yang saya maksud fonta di sini adalah judul I Love Chocolate. Untuk judul majalah Chocomagz saya pakai League Gothic lagi, dan untuk keterangan Chocolate Cream Pie With Ice Cream saya pakai REVOLUTION. Riesling ini termasuk fonta terbaru saya (padahal aslinya saya ingin daya gunakan yang lawas dulu) yang apa boleh buat saya pakai soalnya saya kira pas banget dengan tema Food Photography kali ini. Tipis, ramping, modern. Crunchy! Perbedaan desain cokelat dengan desain putih hanya pada drop shadow-nya. Yang putih tidak saya beri drop shadow karena warna putihnya terdistorsi kalau dipaksa. Secara umum saya cukup puas dengan desainnya tetapi Riesling belum pas di sini.

kover-majalah-coba-fp-a

kover-majalah-coba-fp-b

Fonta REVOLUTION

Saya memilih REVOLUTION (walau termasuk baru diunduh kemarin) karena rapat dan tegasnya. Pas dibikin poster/banner. Kebetulan tema saya adalah kover majalah jadi termasuk pas fonta ini dipakai di sini. Lebih cocok dibanding Riesling. Untuk soal warna, saya tidak pernah memakai warna cokelat sejak pertama kenal Inkscape kecuali saat ini. Ternyata warna cokelat bisa enak dilihat juga 😉

kover-majalah-coba-fp-c

kover-majalah-coba-fp-d

Fonta Motion Picture Personal Use

Ini juga fonta baru saya (wah, yang lawas saya tinggal). Saya pakai ini karena melihat kemarin ada desain di mana entah saya lupa, dengan fonta mirip ini. Pas pilih fonta di Inkscape, kebetulan ada ini. Pakai saja. Fonta ini estetis, tetapi kurang pas kalau dipakai di majalah/presentasi sebagai judul. Karena dari jauh sulit dibaca.

kover-majalah-coba-fp-e

kover-majalah-coba-fp-f

Fonta ChunkFive

Fonta ChunkFive ini juga baru, sehari bersama Riesling. Inilah fonta paling pas untuk desain kover/presentasi kali ini. Tebal, kekar, rapat, dan lumayan tegas. Pas banget dipakai! Rasa cokelatnya sampai ke mata 😀 Fonta ini saya temukan dari presentasi-presentasi yang saya unduh kemarin dari Noteandpoint. Semoga ini semua bermanfaat.

kover-majalah-coba-fp-g

kover-majalah-coba-fp-h

Unduh Desain

Ukuran: 400 KB
Tautan: http://www.mediafire.com/download/t3seg3yy73wc553/kover-majalah-coba-03.svg

Posted on Juni 14, 2013, in Desain Kover Buku and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. bisa bagi-bagi tutorialnya? pengen bisa pakai inkscape. saya juga pakai ubuntu. tapi ngotak atik inkscapenya yang masih bingung

    • Saya sendiri mencoba-coba saja, Kang. Ini hanya eksperimen. Kalau akang ada di sebelah saya, mudah bagi saya untuk menunjukkan caranya. Akan tetapi kalau menulis tutorial, wah itu masih sulit untuk saya, Kang. Akang bisa kok, coba ambil desain bagus CorelDRAW/Photoshop lalu contek dengan Inkscape. Itu tutorial saya dan cara belajar saya.

Tinggalkan Balasan

