Desain Kover Buku Kubuntu Sederhana + 3D

Bismillah. Saya sebetulnya ingin coba-coba dengan SVG yang sudah tersedia di dalam Ubuntu saya sendiri. Letaknya di /usr/share/icons. Saya berharap bisa membuat poster tetapi akhir coba-coba ini malah kover buku. Saya sebetulnya terinspirasi buk-buku Pact Publishing yang sangat sederhana desainnya tetapi bagus menurut saya. Ya namun saya tidak mengerjakan ini sambil melihat gambarnya seperti biasa, saya hanya mengarangnya. Demikian desain saya apa adanya dikerjakan dengan Inkscape dan bentuk 3D-nya saya selesaikan dengan GIMP. Untuk yang 3D, saya terinspirasi boks Windows/Microsoft Office dan iklan buku-buku yang berbentuk 3D di toko-toko. Silakan diambil.

Desain Kover Depan

Buku dalam 3D

Punggung Buku

Unduh Desain

SVG: di sini

XCF: di sini (1,6 MB)

Baik berkas SVG maupun XCF sudah termasuk punggung bukunya. Lama pengerjaan maksimal 2 jam. Untuk menyelesaikan bentuk 3D buku ini, saya memakai Perspective tool bagi punggung maupun kover depan, sedangkan punggung buku harus dikecilkan (Resize) dahulu sebelum diubah perspektifnya lalu disatukan dengan kover. Semoga ini bermanfaat.

Posted on Juni 13, 2012, in Desain Kover Buku and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Saya senang sekali kalo berkunjung ke blog ini. saya sangat kagum ternyata semua ini dilakukan dengan inkscape yang ada di linux. 🙂
    saya masih menunggu request tutorial semua desain yang ada di blog ini ya mas. 😀

    oh iya mas, bila suatu saat saya ingin meminta tolong sama mas untuk membuatkan kover buku saya boleh kan mas? insyaallah saya berencana ingin menerbitkan sebuah buku. 🙂

    • Alhamdulillah, semua itu karena hidayah dan pertolongan Allah semata. Saya ini sangat senang menulis tutorial tetapi saya mungkin belum bisa melakukannya untuk beberapa hari ini.

      Suatu kehormatan permintaan mas Rizal ini. Jika mas telah begitu percaya sampai seperti ini, asalkan kover dan bukunya bersesuaian dengan syariat Islam, saya insya Allah buatkan. Namun akang sebaiknya tidak minta dari saya saja karena saya masih sangat awam.

      Saya senang memiliki saudara sepertimu. Maafkanlah saya yang lemah ini.

  1. Ping-balik: [TUTORIAL INKSCAPE] Desain Buku Kubuntu 3D | KASMUI.COM

Tinggalkan Balasan

